SELAMAT DATANG PENGUNJUNG BLOG KAMI, SEMOGA ANADA DAPAT MANFAAT DARI BLOG YANG SAYA BUAT INI.

Saturday, March 3, 2012

MAKALAH BAHASA INDONESIA


PENGALAMAN DI MTS AL-KHAIRA




DI SUSUN OLEH:


NADILA SARI

MTS.BAHRUL ULUM
KEC.UKUI,KAB.PELALAWAN
TP.2011/2012

KATA PENGANTAR

    Puji syukur kehadirat Allah swt atas kekuatan yang di berikan kepada penulis hingga dapat menyelesaikan penyusunan makalah tentang pengalaman di:

‘’ Mts.Al-khairat”

    Ketiadaan sesuatu yang sempurna,mendorong kita untuk selalu terbuka dengan berbagai saran dan kritikan.Jadi,semoga dengan adanya kata pengantar ini penulis dapat  mencatat pengalaman yang menurut kita sangat mengesankan dan menyenangkan.Pengalaman yang berkesan bisa kita temukan di mana saja,bisa dilingkungan sekitar dan sebagai nya.
    Dengan kata pengantar ini,saya ucapkan terima kasih.Semoga kata pengantar ini dapat memberikan manfaat dalam mencari pengalaman yang baik dan tak pernah di lupakan.Jika ada kekurangan dalam hal penulisan saya ucapkan mohon maaf.



                                                                                       Ukui,23 Februari 2011

                                                                                                                   Penyusun



                                                       DAFTAR ISI



 Kata Pengantar………………………….…………………………………………i
Daftar Isi………………………………………………….…....…...……………..ii
Bab I PENDAHULUAN      
 a. Latar belakang……………..…...…………..………………..…………1
b. Tujuan…………………..……...……………………………………….1
Bab II PEMBAHASAN
A. Isi pengalaman di Mts Al-khairat………………….…..……………….2
Bab III PENUTUP
   a. Kesimpulan……………………………………….……….…………..3
   b. Saran………………….……………………………………………….3

                      
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
       Pembuatan makalah bahasa Indonesia ini banyak menyangkut kedalam pengalaman yang mengesankan ataupun menyenangkan, selama di Mts Al-khairat.Di dalam pengalaman inilah, kita dapat memanfaatkan lingkungan di sekitar ,atau bahkan tempat lain nya.Karna tempat itu bisa di jadikan sebuah pengalaman yang sangat menarik.Pengalaman ini bermula dari diadakan nya pertandingan persahabatan di pangkalan lesung(Mts Al-khairat).

   b.Tujuan
        Tujuan ke Mts Al-khairat  ini adalah untuk mengadakan pertandingan,  selama di pangkalan lesung yaitu di sekolah Mts Al-khairat.Dan juga mengajarkan kita untuk lebih memper erat hubungan persahabatan.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengalaman di Al-khairat
       Pada tanggal 22 januari 2011,sekolah kami(Mts Bahru Ulum) di undang ke Mts Al-khairat yang berada di pangkalan lesung.Sekolah kami di undang kesana,untuk mengadakan pertandingan persahabatan.Yang di undang adalah 2 sekolah yaitu: sekolah Mts Al-khairat dan Mts Bahrul ulum.
      Kami berangkat dari ukui sekitar jam 08.00 WIB,dengan menggunakan mobil truk.Yang berangkat ke Mts Al-khairat adalah mulai dari murid kelas 1 sampai kelas 3.Walaupun di dalam mobil sempit-sempitan,tapi kami cukup bahagia karna  bisa berangkat kesana.Di sepanjang jalan, kami di penuhi dengan ketawa dan bergurau-gurau.
     Setelah sampai ke pangkalan lesung,kami langsung turun dari mobil.Kami pun di suruh baris oleh ketua panitia penyelenggara.Dan setelah itu,kami di ajak masuk kedalam ruangan yang akan diadakan lomba-lomba agama,selesai itu barulah di mulai lomba olahraga yang akan diadakan di lapangan sekolah Mts Al-khairat.
      Disekolah ini kami banyak mendapatkan teman baru,dan orangnya pun cukup baik.Tapi,yang paling saya takuti yaitu murid dari sekolah nurul ikhlas,soalnya kalau lihat dari mukanya seram banget dan mau ngajak kenalan aja nggak ada keberanian.
      Pertandingan atau lomba yang akan diadakan adalah Lomba agama dan Pertandingan olahraga.
Lomba agama  mencakup:
                                  X Pidato
                                  X Puisi Islam
                                  X Baca Al-Quran
Pertandingan olahraga:
*       Bola Kaki
*      Takraw
*      Catur Putra-putri
*      Badminton Putra-putri
*      Bola Voli Putra-putri
    Pertandingan bola volly dan,takraw,catur,dan lomba-lomba yang agama yang di mulai waktu itu memang bagus dan diadakan di sekolah itu.Tapi,pertandingan bola kaki dan badminton diadakan di belakang kantor camat.Jadi,kami semua harus pergi kesana.Karna nggak ada kendaraan nya,kami harus jalan kaki yang berjarak agak jauh dari sekolah. 
    Sebelum ke kantor camat,saya dan teman-teman makan siang di ruangan kosong yang berada di sebelah aula sekolah.Setelah itu,barulah kami pergi menuju kantor camat.Tapi,karna suara adzan sudah terdengar kami langsung mengambil wudhu dan sholat berjama’ah di masjid al-khairat.
    Sesudah sholat dzuhur, barulah kami ke kantor camat.Tetapi,cuaca waktu itu lagi tidak bagus.Dan ada kabar dari orang-orang di ukui bahwa,tangki di pertamina itu kebakaran tapi belum tahu penyebab nya apa.Sebagian orang ada yang bilang bahwa kebakaran itu sudah dimatikan,tapi da sebagian orang lagi bilang bahwa kebakaran itu makin membesar.                               
            Setelah memasuki GOR di belakang kantor camat, kami langsung duduk disana. Dan teman-teman lainnya pun memberikan suposter kepada teman yang lagi tanding. Akhirnya pertandingan badminton dan bola kaki pun selesai, kami pun langsung naik mobil lagi dan pergi ke sekolah MTs. Al-khairat , sesudah sampai kami langsung duduk di teras depan kantor.
            Setelah itu kami baris di depan kantor untuk mendengarkan pengumuman yang akan disampaikan oleh kepsek MTs. Al-khairat.Sekitar 20 menit pengumuman itu pun telah selesai,dan akhirnya kami langsung pulang ke ukui.

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
            Dari pengalaman di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa pertandingan persahabatan itu memang bagus untuk diadakan. Karena dengan pertandingan ini kita bisa mendapatkan teman baru,dan suasana baru.

Saran
Dari makalah yang telah di buat saya telah menyimpulkan dan dapat mengambil saran untuk para pembaca, agar di setiap pertandingan persahabatan khususnya tuan rumah mempersiapkan tempat, dan bagi para tamu undangan agar tidak bertindak sewenang-wenang di tempat orang, aturi semua peraturan yang ada di tempat orang.

           




                

No comments: