SELAMAT DATANG PENGUNJUNG BLOG KAMI, SEMOGA ANADA DAPAT MANFAAT DARI BLOG YANG SAYA BUAT INI.

Saturday, March 3, 2012

MAKALAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN



PESANTREN SEBAGAI MODEL
PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT
 






































Di Susun Oleh :
Ismat Ganteng


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI ) NURUL FALAH
AIR MOLEK
2012
KATA PENGANTAR
Pendidikan menjadi tumpuan harapan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia. Pendidikan menjadi sarana bagi pembentukan intelektualitas, bakat, budi pekerti/ akhlak serta kecakapan peserta didik. Atas pertimbangan inilah selayaknya semua pihak perlu memberikan perhatikan secara maksimal terhadap bidang pendidikan. Perhatian tersebut antara lain direalisasikan melalui kerja keras secara kontinue dalam memperbaharui dan meningkatkan kualitas pendidikan dari waktu ke waktu.
      Peluang masyarakat untuk mendapatkan pendidikan sesuai dengan kebutuhannya juga kian tersedia seiring semakin dipahaminya konsep pendidikan berbasis masyarakat (Community based education). Bahkan model basis masyarakat yang esensinya  adalah pendidikan non formal telah diakui keberadaanya dalam UU No. 20 tahun 2003 pasal 26 ayat 1 s/d 7, atas dasar ini, keberadaan pendidikan berbasis masyarakat seperti model pendiikan kaderisasi.
    Akhirnya kami dari kelompok empat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, demi kesempurnaan makalah yang kami buat keritik nantikan, jika ada kekurangan dari segi isi maupun sistematika penulisan dalam penyusunan makalah ini kami mohon maaf, karena sampai disinilah kemampuan kami
                                                            Air Molek, 17 Desember 2010

                                                                                           Kelompok 4

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalan
D.    Batasan Masalan
E.     Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pesantren Sebagai Model Pendidikan Berbasis Masyaraka
1.      Sejarah Pesantren
2.      Relevansi dengan basis kultural pesantren
3.      Kultur Menejemen Pesantren
4.      Ide Penerapan Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat di Pesantren
BAB III ANALISIS PEMBAHASAN
A.    Tekhnik Pengambilan Data
B.     Tekhnik Analisis Pembahasan
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
     Pendidikan berbasis masyarakat  (community-based education) merupakan mekanisme yang memberikan peluang bagi setiap orang untuk memperkaya ilmu pengetahuan  dan tekhnologi melalui pembelajaran seumur hidup. Kemunculan paradigma pendidikan berbasis masyarakat dipicu oleh arus besar modernisasi yang menghendaki terciptanya demokratisasi dalam segala dimensi kehidupan manusia, termasuk dibidang pendidikan. Mau tak mau pendidikan harus dikelola secara desentralisasidengan memberikan tempat seluas-luasnya bagi partisipasi masyarakat.
     Sebagai implikasinya, pendidikan menjadi usaha kolaboratif yang melibatkan partisipasi masyarakat di dalamnya. Partisipasi pada konteks ini berupa kerja sama antara warga dengan pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, menjaga dan mengembangkan aktivitas pendidikan. Sebagai sebuah kerja sama, maka masyarakat diasumsikan mempunyai aspirasi yang harus diakomodasi dalam proses perencanaan dan pelaksanaan suatu program pendidikan.
     Lebih jauh, era desentralisasi-otonomi juga berdampak pada semakin terbukanya kebebasan yanbg dimiliki masyarakat untuk merancang dan melaksanakan pendidikan sesuai kebutuhan sendiri. Akibatnya, upaya-upaya menyelenggarakan pendidikan berbasis masyarakat (community-based education) dewasa ini semakin marak.

B. Identifikasi Masalah
     Jika nanti tujuan penelitian ini tercapai dan dari  rumusan masalah dapat terjawab secara akurat di harapkan dapat :
a.       Mengetahui salah satu model pendidikan berbasis masyarakat.
b.      Dapat dijadikan acuan bahwa Pesantren merupakan model basis pendidikan masyarakat yang layak dicontoh dari segi manajemen Pendidikan
c.       Mengetahui ide penerapan manajemen pendidikan berbasis masyarakat di  pesantren

C. Rumusan Masalah
Rumusan dari makalah ini adalah :
1.    Apakah pesantren salah satu dari model pendidikan masyarakat ?
2.    Bagaimana ide penarapan manajemen pendidikan berbasis masyarakat di pesantren ?

D. Batasan Masalah
     Agar masalah pembahasan tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah dan tujuan dalam hal ini pembuatan makalah ini, maka dengan ini penyusun membatasi masalah hanya pada pengertian budaya, masyarakat, Dan yang mencangkup tentang budaya dan masyarakat.

E. Sistematika Penulisan
     Dalam penulisan makalah yang berjudul pesantren sebagai model pendidikan berbasis masyarakat penulis membagi makalah ini menjadi 3 Bab yaitu :
     Bab Pertama yaitu Pendahuluan yang berisi tentang latar Belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, batasan masalah serta sistematika penulisan
     Bab Kedua Membahas tentang pesantren sebagai model pendidikan berbasis masyarakat
     Bab Ketiga Berisikan Penutup, yang terdiri dari kesimpulan dan saran

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pesantren Sebagai Model Pendidikan Berbasis Masyarakat
     Dalam Perkembangannya, Pendidikan berbasis masyarakat kini merupakan sebuah gerakan nasional di negara berkembang seperti Indonesia . Community-based education diharapkan menjadi salah satu fondasi dalam mewujudkan masyarakat madani  (civil society). Dengan sendirinya, manajemen pendidikan yang berdasarkan pada community-based education akan menampilkan wajah lain yang selama ini kita telah mengasingkan lembaga pendidikan dari masyarakat.
     Untuk melaksanakan paradigma pendidikan berbasis masyarakat setidak-tidaknya mempersyaratkan lima hal.  Pertama : teknologi yang digunakan hendaknya sesuai dengan kondisi dan situasi yang nyata yang ada di masyarakat. Teknologi yang canggih yang diperkenalkan dan adakalanya di paksakan sering berubah menjadi pengarbitan masyarakat yang akibatnya tidak digunakan sebab kehadiran teknologi ini bukan karena dibutuhkan, melainkan karena dipaksakan. Hal inimembuat masyarakat menjadi rapuh. Kedua.ada lembaga atau wadah yang statusnya jelas dimiliki atau dipinjam, dikelola, dan dikembangkan oleh masyarakat. Di sini dituntut adanya partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan pendidikan luar sekolah. Ketiga, program belajar yang akan dilakukan harus bernilai sosial atau harus bermakna bagi kehidupan peserta didik atau warga belajar. Oleh karena itu, perancangannya harus didasarkan pada potensi lingkungan dan berorientasi pasar, bukan berorientasi akademik.
     Keempat, Program belajar harus menjadi milik masyarakat, bukan milik instansi pemerintah. Hal ini perlu di tekankankan karena bercermin pada pengalaman selama ini bahwa lembaga pendidikan yang dimiliki oleh instansi pemerintah terbukti belum mampu membangkitkan partisipasi masyarakat. Yang terjadi hanyalah pemaksaan program. Semua program pendidikan dirancang oleh instansi yang bersangkutan.
     Kelima, aparat pendidikan luar sekolah tidak menangani sendiri programnya, namun bermitra dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan. Organisasi-organisasi kemasyarakatan. Organisasi-organisasi kemasyarakatan ini menjadi pelaksana dan mitra masyarakat dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka dan dalam berhubungan dengan sumber-sumber pendukung program.

1. Sejarah Pesantren
    Pesantren merupakan salah satu model dari pendidikan berbasis masyarakat.Kebanyakan pesantren berdiri atas inisiatif masyarakat muslim yang tujuan utamanya adalah untuk mendidik generasi muda agar memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran islam dengan baik. Pesantren dengan cara hidupnya yang bersifat kolektif  barangkali merupakan perwjahan atau cerminan dari semangat dan tradisi dan lembaga gotong royong yang umum terdapat di pedesaan. Nilai-nilai keagamaan seperti Ukhwah (Persaudaraan), ta’wun (Kerja sama), Jihad (berjuang), taat, sederhana, mandiri, ikhlas dan berbagai nilai eksplisit dari ajaran agama Islam lain yang mentradisi di pesantren ikut dukung kelestariannya.[1]
     Pesantrenkemudian berhasil mempertegas eksistensinya sebagai pusat belajar masyarakat atau Community learning centre. Pada konteks ini, pesantren memiliki otonomi dengan menggunakan model manejemen sendiri (Self management) yang belakangan dikenal dengan istilah managemen pendidikan berbasis masyarakat.
     Seiring dengan perjalanan bangsa kita, ketika lembaga-lembaga sosial yang lain belum berjalan secara fungsional maka pesantren telah menjadi pusat kegiatan masyarakat dalam belajar agama, bela diri, mengobati orang sakit, konsultasi pertanian, mencari jodoh sampai menyusun siasat perang melawan penjajah. Tegasnya, pesantren menjadi lembaga pendidikan yang unik, tidak saja karena keberadaannya yang sudah sangat lama, tetapi juga karena kultur, metode dan jaringan yang diterapkan oleh lembaga pendidikan agama ini yang khas. Pesntren ini juga memiliki jaringan sosial yang kuat dengan masyarakat dan dengan sesama pesantren karena sebagian besar pengasuh pesantren tidak saja terikat pada kesamaan pola pikir, paham keagamaan, namun juga memiliki hubungan kekerabatan yang cukup erat.
     Hal lain yang menyebabkan kohesifitas dunia pesantren menjadi sangat kuat adalah adanya kesamaan ideologi. Hampir semua pesantren di Indonesia memiliki kesamaan referensi dengan metode pengajaran dan pemahaman keagamaan yang sama pula. Berdsasarkan catatan martin Van Bruenssen terhadap 46 pesantren besar di Indonesia, semua menggunakan referensi kitab yang sama, khususnya dalam kitab fiqh. Kesamaan referensi kitab kunningdalam dunia pesantren initerjadi karena adannya selekmsi yang cukup ketat di kalangan pesantren , misalnya adanya katagori kitab mu’tabar dan ghairu mu’tabar, di mana hanya kitab-kitab mu’tabar yang boleh di pelajari di dipesantern. Meskipun demikian, kurikulum pesantren tidak distandarisasikan.

2. Relevansi dengan basis kultural pesantren
    Pendidikan pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Lembaga pendidikan ini bisa bertahan agaknya secara implisit mengisyaratkan bahwa islam tradisional dalam segi-segi tertentu masih tetap relevan di tengah deru modernisasi meskipun bukan tanpa kompromi. Pada awalnya, dunia pesantren terlihat enggan dan rikuh dalam menerima modernisasi sehingga pernah terjadi kesenjangan antara pesantren dengan dunia luar. Tetapi secara gradual, pesantren kemudian menerima modernisasi melalui proses akomodasi dan inovasi tertentu yang dipandang tepat. Hingga saat ini, model pendidikan pesantren masih bertahan di tengah-tengah modernisasi pendidikan di luar pesantren.
    Dengan demikian, Pesantren sesungguhnya terbangun dari konstruksi kemasyarakatan dan epistemologi sosial yang menciptakan suatu transendansi atas penjelasan historis sosial. Sebagai center knowledge dalam pendakian sosial, pesantrren mengalami metamorfosa yang berakar pada konstruksi epistemologi dari variasi pemahaman di kalangan umat islam. Hal yang menjadi titik penting ialah kenyataan eksistemsi pesantren sebagai salah satu pemicu terwujudnya kohesi sosial. Keniccayaan ini karena pesantren hadir terbuka dengan semangat kesedrahanaan, kekeluargaan, dan kepedulian sosial, konsepsi prilaku (Sosial behavior) yang ditampilkan pesantren ini mempunyai daya rekat sosial yang tinggi dan sulit ditemukan pada institusi pendidikan lainnya/
    Kemampuan pesantren dalam mengembangkan diri dan mengembangkan masyarakat sekitarnya, ini dikarenakan adanya potensi yang dimiliki oleh pondok pesantren. Potensi-potensi itu meliputi tiga aspek. Pertama, pondok pesantren hidup selama  24 jam, dengan pola 24 jam tersebut, baik pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan, keagamaan, sosial kemasyarakatan, atau sebagai lembaga pengembangan potensi umat dapat diterapkan cara tuntas, optimal dan terpadu. Kedua, pondok pesantren secara umum mengakar kepada masyarakat. Pondok pesantren banyak tumbuh dan berkembang umumnya di daerah pedesaan karena memang tuntunan masyarakat yang ingin menghendaki berdirinya pondok pesantren, dengan demikian, pondok pesantren dan keterikatan dengan masyarakat merupakan hal yang amat penting bagi satu sama lain. Dalam konteks pelaksanaan  pendidikan berbasis masyarakat, pondok pesantren dapat dianggap telah menjalankan gerakan ini. Salah satu buktinya, kebanyakan pesantren memiliki program pengajian rutin yang dihadiri oleh warga sekitar pondok secara sadar tanpa paksaan. Ini Adalah salah satu implementasi pendidikan berbasis masyarakat yang dijalankan pondok pesantren.
    Tiga, pondok pesantren dipercaya masyarakat. Kecenderungan masyarakat menyekolahkan anaknya kepondok pesantren tentu saja didasari oleh kepercayaan mereka terhadap pembina yang dilakukan oleh pondok pesantren yang lebih mengutamakan pendidikan agama.

3. Kultur Manajemen Pesantren
    Dihadapkan pada dasarnya arus perubahan sosial akibat modernisasi industrialisasi seperti sekarang, pesantren tentu di tuntut untuk memberikan reaksi atau respon secara memadai, reaksi pesantren menghadapi perubahan yang berjalan selama ini ada yang lunak ada juga yang keras, ada yang membuka dan ada juga yang menutup diri. Namun meski ada yang mendefinisikan zaman sekarang sebagai zaman edan atau zahiliyah modern, ternyata tidak sedikit yang mencoba melakukan teransportasi dengan melakukan mobilitas budaya yang menyebabkan dokrin, lembaga dan perantara sosial menjadi tetap relavan. Selain itu, pesantren juga selalu di tuntut untuk melakukan adjustment and rejustment mulai dari melakukan diversivikasi program dengan membuat yayasan, memasukan sistem sekolah, kontektualisasi kitab kuning kuning, modernisasi manajement pengelolaan dan lain-lain.
     Oleh sebab itu, dalam menghadapi perubahan, pesantren ditutut melakukan kontekstualisasi tanpa harus mengorbankan watak aslinya selaku institusi pendidikan, keagamaan dan sosial. Pesantren harus membenahi kelemahannya, diantaranya dengan menghadapkan management pendidikan berbasis masyarakat.
     Apalagi berdasarkan tuntunan modernisasi, setiap lembaga pendidikan , termasuk lembaga pesantren harus bertumpu pada masyarakat apabila jika ditilik dari sejarah kelahirannya, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tumbuh dari bawah atau lahir berkat dukungan dan partisipasi masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan yang tumbuh dari bawah pesantren umumnya dikenal sebagai perguruan swasta yang berkemampuan tinggi dalam bersuakarya dan bersuakarsa dalam menyelenggarakan pendidikan. Hanya saja, selama ini kita menganggap biasa terhadap jenis pendidikn seperti pesantren  meskipun jenis pendidikan ini cepat tumbuh dan berkembang di masyarakat. Selama ini, para pakar pendidikan di indonesia belum  terangsang atau belum berkeinginan untuk mengkaji lebih dalam terhadapap fenomena kemunculan jenis pendidikan yang tumbuh dari masyarakat ini dan kemudian menyusun termonologi sesuai dengan model-model pendidikan yang sudah tumbuh di masyarakat kita. Pada hal jenis pendidikan berbasis masyarakat seperti bercermin pada peraktik pendidikan pesantrren juga menggambarkan cita-cita dan visi misi yang timbul pada benak perintis pendidikan terdahulu yakni, terwujudnya masyarakat cerdas, terampil, mandiri dan memiliki daya saing, dengan cara melakukan program belajar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat di sekitar lingkungannya.
     Pola menejerial dalam menjalankan kegiatan pesantren selama ini masih bersifat alami, hal ini setidak tidaknya kurang terencananya upaya-upaya. Mengembangkan mutu pesantren dan kurang lancarnya proses  pembinaan calon pemimpin dan proses suksesi di pesantren lantaran belum memiliki model yang jelas dan mantap. Dalam beberapa hal, pola pembinaan dan pengembangan alamiah dapat menghasilkan konstinutas kepemimpian yang baik, namun yang sering terjadi tercapainya akibatnya, sering kali terjadi penurunan kualitas kepemimpinan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

4. Ide Penerapan Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat di Pesantren
    Selama ini pesantren telah menunjukan kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang diatas kekuaatannya sendiri dengan mobilisasi sumber daya yang tersedia di masyarakat yang menjadi basis pendukungnya. Berkat kemandiriannya, pesantren menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan, lembaga pelayanan sosial-kemasyarakatan dan lembaga dakwah amal ma’ruf nahi munkar.
    Menurut sebagian pakar, kemandirian pesantren belum dioptimalkan khususnya untuk melakukan terobosan-terobosan yang bearti. Bahkan sebagian pesantren masih di nilai lamban dalam merespons  tuntunan perubahan masyarakat. Ia cenderung mempertahankan kebijakan hati-hati (cautious policy), menerima modernisasi atau pembaharuan pendidikan hanya dalam sekala terbatas sekedar untuk menjamin pesantren tetap survive.
    Oleh karena itu, pesantren di tuntut membuka diri dalam merespons perubahan diantaranya dengan memodernisasi managemen pengelolaannya. Sudah saatnya managemen yang benar. Managemen pada konteks ini dimaksudkan sebagai proses perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian keuangan, fisik, dan sumber informasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efesien dan efektif. Berdasarkan dari berbagai pendapat para pakar diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa managemen merupakan proses sistematika dan kooperatif dalam usaha memanfaatkan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efesien dan efektif.
    Tetapi, karena pesantren merupakan jenis pendidikan berbasis masyarakat maka penerapan managemen di lembaga ini harus memperhatikan aspek-aspek managemen yang berlaku pada pendidikan berbasis masyarakat. Penerapan managemen pendidikan berbasis masyarakat meliputi : perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan, dan pengembangan, yang terus menerus. Penerapan managemen pendidikan berbasis masyarakat di pesantren dapat di jelaskan sebagai berikut :[2]
  1. Perencanaan
Menurut Zamakhsyari Dhover, kiyai merupakan elemen paling esensial dalam pesantren. ia sering kali menjadi pendirinya. Oleh karena itu, wajar apabila suatu pesantren semata-mata berganrung pada kemampuan pribadi kiai. Peran kiai yang begitu dominan dalam perencanaan sebuah pondok pesantren bisa dipahami, hal tini disebabkan :
1.      Adanya asumsi bahwa pesantren bisa diibaratkan sebagai sebuah kerajaan keci, dimana kiai merupakan sumber mutlak dari kekuasaan dan kewenangan (Power and authority) dalam kehidupan dilingkungan pesantren. Tidak ada seorang santri atau orang lain yang dapat melawan kekuasaannya kecuali kiai yang lebih besar pengaruhnya. Para santri selalu berharap dan berfikir bahwa kiai yang dianutnya adalah orang yang mempunyai kepercayaan diri tinggi.
2.      Seorang kiai dengan para pembantunya merupakan hirarkhi kekuasaan satu-satunya yang secara eksplisit di akui dalam lingkungan pesantren. Ditegkan diatas kewibawaan moral seorang kiai yng merupakan patron untuk menjadi panutan para santrinya. Hirarkhi internal ini tidak berbagi tempat dengan kekuasaaan yangdatang dari luar pesatren. Hal ini yang menjadi faktor pembeda antara kehidupan pesantren dengan kehidupan di luar pesantren.
3.      Kebanyakan pesantren merupakan gambaran dan manifestasi dari kiainya. Hal ini dapat dimaklumi karena kiai adalah figur sendiri sekaligus sebagai pengasuh pondok pesantren yang dimiliki wewenang untuk membuat wewenang dan membuat perencanaan tentang pondok pesantrennya.
  1. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian merupakan aktifitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terbentuk satu kesatuan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada tahap pengorganisasian ini, merupakan pengaturan dan pembagian tugas-tugas pada seluruh anggota atau pengelola pondok pesantren untuk dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan. Maka pembagian tugas seperti pembagian tugas mengajar, mengatur ketertiban dan keamanan di lingkungan pondok pesantre, mengontrol kegiatan santri, dalam pembagian tugas ini, kiai biasanya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
1.      Senioritas para santri
2.      Penguasaan pada bidang ilmu tertentu.
3.      Pengabdian dan keikhlasan  
  1. Pengawasan
Pengawasan atau  pengendalian di lingkungan pondok pesantren terhadapa proses belajar santri dapat dilaksanakan dengan melibatkan para pembantunya. Karena kehidupan para santri berada di asrama yang terletak satu kompleks dengan kiai atau pengurus lainnya. Pengawasan bagi santri agar belajar lebih giat.  Menjalin kehidupan sepritual dengan teratur, memperoleh ilmu yang bermanfaat seperti yang dipesankan oleh kiai mudah diterima oleh para santri.
Pada saat terjadi proses belajar mengajar, kiai berhadapan langsung dengan para santri. Bahkan kiai sering meninjau asrama dimana para satri tinggal untuk melihat kebersihan dan kerapihan asrama.bakan menegur santri bila ketahuan melanggar aturan asrama. Dalam suasana kehidupan yang khas seperti itu, maka kiai dengan mudah hafal pada santrinya. Apabila ada gejala-gejala prilaku yang menyimpang, kiai sangat memberi perhatian baik secara langsung atau melalui santri senior.

  1. Penganggaran (Budgeting)
Setiap organisasi membutuhkan dana  untuk membiayai kegiatannya. Begitu halnya dengan organisasi pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Organisasi pendidikan kursus mengadakan perencanaan budget secara berkala untuk mengalokasikan dana yang tersedia, agar dana itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh setiap unit kerja dalam lembaga tersebut
  1. Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi sebagai fungsi dari administrasi pendidikan merupakan aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai di mana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai  dengan rencana atau program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapai tujuan pendidikan pesantren. Oleh karena itu, setiap kegiatan yang dilakukan oleh kiai di pesantren khususnya dalam mendidik para santrinya memerlukan adanya evaluasi.
Evaluasi yang dilakukan di pondok pesantren diadakan setiap setahun sekali dengan agenda pertanggung jawaban kepada kiai. Pondok pesantren menggunakan dua kpengurusan, yaitu pengururs pondok dan pengurus madrasah. Pengurus pondok bekerja mengenai urusan asrama seperti kebersihan, pemeliharaan, mengatur tempat ketika ada santri baru, dan lain sebagainya. Sedangkan pengururs madrasah mengelola bagaimana pendidikan di pesantren bisa berjalan dengan lancar, kepengurusan ini di pegang sendiri oleh kiai sebagai mudir madrasah dan di bantu para santri senior sebagai guru atau ustadz.
BAB III
ANALISIS PEMBAHASAN

A. Tekhnik Pengambilan Data
     Dengan perumusan masalah yang telah dijabarkan di bab awal, untuk memperoleh data tersebut,  maka penulisan makalah ini penulis menggunakan tekhnik-tekhnik sebagai sebagai berikut.
1.      observasi
penulis mengadakan observasi secara langsung dilokasi penilitian terhadap model pendidikan yang diterapkan di pesantren
2.      study dokumentasi
dalam pengumpulan data penulis meneliti dokumen-dokumen yang berkaitan tentang Pendidikan pesantren.

B. Analisis Data  
     Berdasarkan indentifikasi masalah sebagaimana telah dijabarkan dibab awal, penulis kembali mengadakan diskusi dengan teman sejawat dengan bimbingan supervisor. Melalui diskusi, diketahui beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah pada Pendidikan masyarakat. Adapun kekurangan yang terjadi dalam pendidikan itu adalah :
1.      Penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat
2.      Metode pembelajaran yang diterapkan dalam sekolah belum sesuai dengan yang di butuhkan oleh masyarakat
      Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus dalam rencana perbaikan adalah model pendidikan yang sesuai di masyarakat.  
     Melihat kekurangan dan kelemahan yang terjadi dalam pendidikan perlu kiranya dalam pelaksanaan pendidikan pemerintah mengacu kebutuhan yang terjadi di masyarakat sehingga tidak ada lagi lulusan yang kurang berguna di masyaraka.
     Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif,  yaitu mengumpilkan data-data yang berhubungan dengan masalah pembahasan, data yang terkumpul diklasifikasikan menjadi dua kelompok data yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang bersifat kualitatif digambarkan dengan kata-kata, data yang bersifat kuantitatif berwujud angka-angka yang diproses dan diolah dalam bentuk tabel prosentase. Teknik ini sering disebut dengan teknik deskriptif kualitatif dengan prosentase lalu ditafsirkan menggunakan kata-kata. Oleh karena itu penulis di dalam membuat makalah ini menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif.

BAB IV
PENUTUP

A.Kesimpulan
    Pendidikan berbasis masyarakat merupakan perwujudan dari demokratisasi pendidikan melalui perluasan pelayanan pendidikan untuk kepentingan masyarakat. Pendidikan berbasisi masyarakat menjadi sebuah gerakan penyadaran untuk terus belajar sepanjang hayat dan mengatasi tantangan kehidupan yang berubah-ubah dan semakin erat.
    Secara konseptual, pendidikan berbasis masyarakat adalah model penyelenggaraan pendidikan yang bertumpu pada prinsip “dari masyarakat” artinya pendidikan memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat. Pendidikan oleh masyarakat artinya masyarakat di tempatkan sebagai subyek/ pelaku pendidikan, bukan obyek pendidikan. Pada konteks ini, masyarakat dituntut peran dan partisipasi aktifnya dalam setiap program pendidikan. Ada pun pengertian pendidikan untuk masyarakat artinya masyarakat diikutsertakan dalam semua program yang dirancang untuk menjawab kebutuhan mereka. Secaara singkat dikatakan, masyarakat perlu diberdayakan, diberi peluang dan kebebasan untuk mendesain, merencanakan, membiayai, mengelola dan menilai. Sendiri apa yang diperlukan secara spesifik di dalam, untuk dan oleh masyarakat sendiri.
     Pesantren sebagai model pendidikan berbasis masyarakat terdapat dalam PP No 55 Tahun 2007.
B. Saran
     Hendaknya Masyarakat Pengurus pesantren dan pemerintah mengetahui akan kebutuhan pendidikan yang diperlukan di masyarakat serta mengupayakan pendidikan dalam mengatasi masalah yang timbul dalam pendidikan di masyarakat dengan cara : pemberian informasi, diskusi kelomok, kerjasama pribadi, pemberian informasi tentang sumbangan yang di berikan pemerintah kepada pesantren.

DAFTAR PUSTAKA
Gunawa, H, Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis  tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2000
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005
Nasution, S. Sosiologi Pendidikan, Ed 2 Cet.1. Bumi aksara, Jakarta : 1994
Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat. Pustaka Pelajar, Jakarta, 2000
Soekanto , soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2006

[1] Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Pustaka Pelajar, jakarta, 2007, h. 35
[2]Suparno, Paul. “Pendidikan Multikultural dalam kompas (Jakarta, PT.kompas, 7 Januari 2003)

No comments: